Pementasan Drama Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas PGRI Palembang sebagai Bentuk Pengembangan Talenta

Palembang, FKIP

Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) sebagai salah satu Perguruan Tinggi terbaik di Sumsel terus melakukan inovasi dalam memaksimalkan lulusan yang siap bersaing nantinya. Bahkan, UPGRIP dengan Tagline Kampus “Melaju Dengan Mutu” ini mendorong mahasiswa untuk mengembangkan talentanya sehingga pada gilirannya tak hanya sukses dibidang akademik tapi juga nonakademik.Kali ini, sebagai bentuk implementasi dari pencapaian pembelajaran Mata Kuliah praktek pementasan drama Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) maka digelarlah pementasan drama bagi mahasiswa semester IV.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR di Gedung Business and Science Center, Aula H. Aidil Fitri Syah, Kamis (8/6/23).Turut hadir dalam acara tersebut Dekan FKIP UPGRIP Assoc. Prof. Dr. Dessy Wardiah, M.Pd.., CIQaR., Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Dr. Achmad Wahidy, M.Pd., Kepala Laboratorium Bahasa Indonesia Juaidah Agustina M.Pd., para dosen dilingkungan Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP, para perserta dan tamu undangan lainnya. Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Dr. Achmad Wahidy, M.Pd dalam laporannya mengatakan Pementasan drama merupakan bentuk implementasi dan pencapaian pembelajaran.Tak sekadar memberi mahasisiwa pengalaman teknis pementasan drama, membentuk karakter, tetapi bermain drama juga memberikan pengalaman estetis bagi para pelakunya, sehingga semua yang terlibat menemukan kenikmatan bermain. Lanjutnya, kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu syarat ujian mahasiswa yang sebelumnya telah diprogramkan mahasiswa pendidikan Bahasa Indonesia tahun akademik 2023/2024.

“Ada 2 drama yang di pentaskan yakni “Mak Comblang” adaptasi dari “The Marriage” karya Nikolal Gogal dan “Dalam Bayangan Tuhan” karya Arifin C Noor. Dan diampu oleh dosen pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UPGRIP Hasan, M.Sn dan Maulina Juhermi, M.Pd,” ujarnya.Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR. dalam sambutannya mengatakan mengapresiasi kegiatan yang digelar mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia ini. Selain menjadi ilmuwan sastra, para mahasiswa juga bisa menjadi praktisi. Ia berharap, kegiatan seperti ini dapat memberikan output atau luaran yang bermanfaat bagi mahasiswa itu sendiri dan mengembangkan diri kedepannya. “Dan melalui pementasan ini, mahasiswa dapat menerapkan dan mengimplementasikan yang telah didapatkan dalam lingkungan masyarakat,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *