Workshop Penelitian Dialektologi sebagai Upaya Pelestarian Bahasa Daerah Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia UPGRIP

Program studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas PGRI Palembang menyelenggarakan kegiatan Workshop Penelitian Dialektologi sebagai Upaya Pelestarian Bahasa Daerah. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan komptensi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dalam bidang Penelitian. Narasumber Guru Besar Univesitas Negeri Semarang Prof. Dr. Ida Zulaeha, M.Hum.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan FKIP Universitas PGRI Palembang Hetilaniar, M.Pd., Gedung Business and Science Center, Senin 5 Februari 2024. Turut hadir Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Dr. Achmad Wahidy, M.Pd., Kalab Pendidikan Bahasa Indonesia Juaidah Agustina, M.Pd., Dosen PPG Bahasa Indonesia Dr. Darwin Effendi, M.Pd., Dr. Yenny Puspita, M.Pd., Hj. Masnunah, M.Pd. dan peserta Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Dekan 1 FKIP Universitas PGRI Palembang Hetilaniar, M.Pd. mengatakan melalui kegiatan Workshop Penelitian Dialektologi sebagai Upaya Pelestarian Bahasa Daerah mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Indonesia diharapkan memiliki kompetensi dan bekal untuk membuat penelitian yang berkualitas, khususnya dalam penyusunan tugas akhir atau skripsi.

Hal ini selaras dengan moto Universitas PGRI Palembang dalam rangka menghasilkan lulusan yang berkualitas Kampus Melaju dengan Mutu ujarnya. Sementara itu dikatakan oleh Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yang dilaksanakan secara rutin dan merupakan program kerja Prodi.

Dalam pemaparannya, Prof. Dr. Ida Zulaeha, M.Hum memberikan materi penelitian kualitatif seperti karakteristik, jenis-jenis, serta bagaimana pengumpulan dan analisis data bagi mahasiswa yang mengambil penelitian kualitatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *