Roadshow Semarak Bulan Bahasa VII Tingkat SMA se-Sumatera Selatan Berhasil Meningkatkan Minat Siswa terhadap Bahasa dan Sastra Indonesia

Palembang, BASTRA – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang kembali menggelar kegiatan tahunan bertajuk “Semarak Bulan Bahasa” yang ke-VII pada tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk roadshow ke beberapa SMA di berbagai kabupaten di Sumatera Selatan yang di hadiri beberapa dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia  dengan tujuan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia.

Dalam kunjungan ke SMA Negeri 3 Muara Enim pada 3 Oktober 2022, Ketua Panitia Semarak Bulan Bahasa, Bapak Darwin Effendi, M.Pd. menyampaikan kepada Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Muara Enim, “Kami berharap melalui kegiatan ini, siswa-siswi dapat lebih mencintai dan mendalami bahasa serta sastra Indonesia. Selain itu, kami ingin memperkenalkan lebih dekat Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas PGRI Palembang.” Ujar beliau.

Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Muara Enim, Ibu Rini, menyambut baik inisiatif ini. “Kami sangat mendukung kegiatan yang mampu meningkatkan minat siswa dalam bidang bahasa dan sastra. Ini adalah kesempatan yang baik bagi siswa kami untuk belajar dan berkompetisi secara sehat.”

Selama roadshow, beberapa kegiatan seperti lomba baca puisi, menulis cerpen, dan pidato diadakan di setiap sekolah yang dikunjungi. Di SMA Negeri 1 Gelumbang pada 5 Oktober 2022, salah satu peserta lomba baca puisi, Rizky, merasa antusias. “Ini adalah pengalaman pertama saya mengikuti lomba puisi di depan banyak orang. Meski gugup, saya senang bisa menunjukkan bakat saya.”

Salah satu acara puncak dari roadshow ini adalah pemilihan Sahabat Bastra di setiap kabupaten yang dikunjungi. Pada 12 Oktober 2022 di SMA Negeri 3 Kayu Agung, Juri dari Sanggar Bastra FKIP Universitas PGRI Palembang Ibu Juaidah Agustina, M.Pd.  menjelaskan, “Kami menilai peserta berdasarkan keserasian kostum, kemampuan berbahasa Indonesia, bakat yang unik, dan sikap mereka selama seleksi. Pemilihan ini bukan hanya tentang menang, tetapi juga tentang bagaimana mereka bisa menampilkan diri dengan baik.”

Setelah roadshow selesai, Universitas PGRI Palembang menerima respons yang sangat positif dari para peserta dan guru. Bapak Darwin menyimpulkan bahwa “Kami sangat bangga melihat antusiasme yang tinggi dari siswa dan guru. Banyak dari mereka yang menunjukkan ketertarikan untuk lebih mendalami bahasa dan sastra Indonesia. Kami berharap kegiatan ini bisa terus dilanjutkan dan memberikan dampak positif bagi pendidikan di Sumatera Selatan.” Ucapnya dengan bangga.

Sementara itu, Ibu Rini menambahkan, “Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat. Selain sebagai ajang kompetisi, ini juga membuka wawasan siswa tentang pentingnya bahasa dan sastra Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.”

Kegiatan Semarak Bulan Bahasa ini diakhiri dengan harapan agar semangat mencintai bahasa dan sastra Indonesia terus berkobar di kalangan generasi muda. Dokumentasi kegiatan ini telah disusun dengan rapi, dan laporan lengkapnya akan menjadi bahan evaluasi untuk penyelenggaraan yang lebih baik di masa mendatang.