SUKSESNYA KEGIATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MAHASISWA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

Palembang, BASTRA – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang baru saja menyelenggarakan kegiatan “Keterampilan Menulis Cerpen” yang diikuti oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Kegiatan ini dibuka langsung oleh ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Bapak Dr. Achmad Wahidy, M.Pd. kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa, khususnya dalam bidang sastra.

Kegiatan ini berlangsung pada 13-14 November 2022, dengan peserta berasal dari berbagai fakultas di Universitas PGRI Palembang. Pendaftaran dibuka sejak 1–9 November 2022. Meskipun menghadapi beberapa kendala seperti minimnya tenaga panitia dan jumlah peserta yang masih terbatas, kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses.

Dalam rangka mengembangkan minat dan bakat mahasiswa, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia mengadakan kegiatan yang bertujuan untuk melatih keterampilan menulis cerpen. “Bahasa dan sastra Indonesia adalah bagian integral dari identitas bangsa kita, dan melalui kegiatan ini, kami berharap mahasiswa dapat lebih mencintai serta memahami nilai-nilai luhur budaya Indonesia,” ujar bapak Dr. Achmad Wahidy, M.Pd.

Pada salah satu sesi seorang peserta, Mukromin, berbagi pengalamannya, “Saya merasa kegiatan ini sangat bermanfaat. Selain meningkatkan keterampilan menulis, saya juga belajar banyak tentang tata cara dan kaidah bahasa serta sastra Indonesia dan ini adalah pengalaman yang berharga bagi saya.”

Nedi Junaidi, peserta lain menambahkan, “Awalnya saya ragu untuk ikut, tapi setelah mengikuti kegiatan ini, saya menjadi lebih percaya diri dalam menulis. Kegiatan ini benar-benar mendorong kami untuk lebih kreatif dan sportif.”

Secara keseluruhan, kegiatan ini dianggap sukses dan memberikan kontribusi positif bagi para mahasiswa yang berpartisipasi. Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat terus mengembangkan kemampuan mereka dalam menulis, khususnya dalam menciptakan cerpen yang berkualitas.