Pertukaran Merdeka: Menjelajahi Kekayaan Nusantara dalam Program Pertukaran Mahasiswa

Palembang, BASTRA–Rina Hozima, seorang mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia semester 5 yang mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka di Universitas Islam Malang, berbagi pengalamannya selama mengikuti program tersebut. Rina menggambarkan kegiatan dalam program ini sebagai perpaduan antara perkuliahan biasa dengan penjelajahan budaya dan sejarah Nusantara.

“Selama menjalani program pertukaran mahasiswa, kegiatan saya seperti kuliah biasa, menjalani perkuliahan dari Senin hingga Jumat. Namun, yang berbeda adalah adanya kegiatan Modul Nusantara setiap hari Sabtu,” ungkap Rina. Modul Nusantara merupakan kegiatan wajib dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, dimana mahasiswa berkesempatan untuk mengunjungi dan mempelajari tempat-tempat bersejarah di Indonesia.

Di Universitas Islam Malang, Rina dan rekan-rekannya telah mengunjungi berbagai tempat bersejarah seperti Candi Penataran, Makam Bung Karno, Gunung Kawi, Bromo, dan beberapa situs lainnya. Menurut Rina, kunjungan-kunjungan ini tidak hanya memperkaya pengetahuannya tentang sejarah, tetapi juga memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang keberagaman budaya di Indonesia.

“Selama menjalani program ini, banyak sekali pelajaran dan pengajaran yang berharga. Adanya beragam budaya, bahasa dari seluruh Nusantara yang ada di Indonesia bersatu dalam program pertukaran mahasiswa ini, ” tambah Rina.

Baginya, setiap pengalaman dalam program ini memiliki kesan tersendiri, namun ada dua momen yang paling membekas di hatinya.

“Saat kami berkunjung ke Bromo, itulah momen yang tak terlupakan bagi saya. Perjalanan dimulai tepat tengah malam, pada pukul 00:00 WIB, dan mereka tiba di Bromo sekitar pukul 02:00 WIB. Suhu di sana sangat dingin, tapi itu semua terbayar dengan pemandangan yang luar biasa indah. “Baru pertama kali saya melihat ciptaan Tuhan seindah itu,” katanya penuh kagum.

RINA HOZIMA

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka sendiri dirancang untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa melalui pendidikan, sekaligus memberikan pengalaman baru kepada mahasiswa dalam memahami dan menghargai kekayaan budaya Indonesia. Kegiatan seperti Modul Nusantara menjadi salah satu cara efektif untuk mencapai tujuan tersebut.

Melalui program ini, mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan akademis, tetapi juga pengalaman langsung dalam menjelajahi kekayaan budaya dan sejarah Indonesia. Rina berharap pengalaman berharga yang didapatkannya selama program ini dapat menjadi bekal untuk masa depannya dan mendorong mahasiswa lain untuk mengikuti jejaknya dalam mengeksplorasi Nusantara melalui program Pertukaran Mahasiswa Merdeka.