PROFIL

PROFIL UNIT PENGELOLA PROGRAM STUDI

PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

 

A. Sejarah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Pada tanggal 22 Juli 1987, STKIP PGRI Palembang mendapatkan Surat Keputusan Nomor: 0774/KL.03.02/Kopwil.II/1987 tentang pembukaan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. SK pembukaan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas PGRI Palembang tersebut ditandatangani oleh Direktur Jendral Pendidikan Tinggi. Pada tanggal 22 September 1989 dimulainya penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Palembang. Pada tanggal 9 Juni 2000, berdasarkan SK Mendiknas No.97/D/O/2000 mendapat izin berdiri 5 fakultas dan 1 pasca sarjana sehingga berubah menjadi Universitas PGRI Palembang.

B. Visi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Pada tahun 2025, menjadi program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) yang unggul dalamcmenghasilkan tenaga pendidik profesional, berkarakter, bermutu, dan berdaya saing di era global bidang keilmuan Bahasa dan Sastra Indonesia.

C. Misi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Berdasarkan visi tersebut, maka misi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra  Indonesia adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang unggul, profesional, berkarakter, dan berdaya saing bidang keilmuan Bahasa dan Sastra Indonesia yang relevan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat.
  2. Menyelenggarakan penelitian serta meningkatkan hasil penelitian bidang keilmuan Bahasa dan Sastra Indonesia yang berguna bagi peningkatan mutu lulusan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai implementasi hasil penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan bidang Bahasa dan Sastra Indonesia.
  4. Menyelenggarakan kegiatan civitas akademika yang kondusif agar tercipta suasana harmonis yang menghasilkan tata kelola universitas yang baik (gooduniversity governance).
  5. Menjalinhubungan kemitraan yang saling menguntungkan dengan berbagai institusi untuk meningkatkan mutu lulusan.
  6. Menyelenggarakan suasana akademik yang berlandaskan nilai-nilai organisasi PGRI.

D. Strategi Pencapaian Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Strategi pencapaian Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas PGRI Palembang adalah sebagai berikut.

  1. Meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pelatihan dan workshop kurikulum.
  2. Menyelenggarakan pelatihan penyusunan JFA bagi DosenTetap.
  3. Memberikan izin dosen tetap untuk melanjutkan studi S3.
  4. Memberikan pelayanan informasi dan pengajuan aplikasi untuk beasiswa.
  5. Mengadakan pelatihan yang berhubungan dengan pelayanan administrasi seperti pelatihan PDPT, perpustakaan digital, dan tata naskah.
  6. Memfasilitasi dosen yang akan mengikuti workshop dan pertemuan ilmiah, baik dari dalam kota maupun luar kota.
  7. Mengadakan kursus TOEFL bagi dosen yang akan mengikuti sertifikasi dosen.
  8. Menyediakan Sanggar Bastra sebagai wadah mahasiswa dalam mengembangkan softskill-
  9. Melakukan monitoring dari program studi kepada mahasiswa tingkat akhir.
  10. Mengaktifkan peran dan fungsi dosen Pembimbing Akademik.
  11. Pelatihan penulisan skripsi
  12. Memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang mendapat IPK tertinggi serta memberikan beasiswa bagimahasiswa yang berpretasi.
  13. Menjalin kerjasama dengan ikatan alumni Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas PGRI Palembang dalam berbagi informasi lowongan pekerjaan atau melaksanakan berbagai
  14. Menerbitkan jurnal dua kali setahun yang melibatkan penelitian dosen dan mahasiswa
  15. Menerbitkan majalah setiap empat kali dalam setahun yang melibatkan mahasiswa dan dosen.

E. Tata Nilai

Dalam mewujudkan visi dan misi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  mengacu pada tata nilai yang mengandung etika dan estetika dalam bersikap, berpikir, dan bersikap baik di lingkungan Universitas PGRI Palembang, maupun di luar lingkungan kampus.

  • Meningkatkan Pelayanan

Segenap civitas akademika Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas PGRI Palembang berkomitmen dalam meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berpedoman pada slogan TRUST yang diusung oleh Dekan FKIP Universitas PGRI Palembang, yaitu T = tawarkan bantuan, R = ramah tamah, U = usaha lebih baik, S = senyum, T = terima kasih.

  • Melakukan Perbaikan Secara Berkesinambungan

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas PGRI Palembang berkomitmen bahwa ‘Hari ini harus lebih baik dari kemarin’. Selain itu, segenap civitas akademika Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berani menunjukkan sifat visioner.

  • Berintegritas dengan Menjaga Etika

Dalam menjalankan tugasnya, civitas akademika Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berpedoman pada aturan-aturan yang berlaku serta berpegang pada asas sopan santun.

  • Selalu Berinovasi dan Berkreativitas

Civitas akademika Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia selalu berinovasi dan berkreativitas dalam melakukan tugasnya.

  • Bersinergi

Civitas akademika Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia selalu kompak dalam memaksimalkan sumber daya yang ada di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.